7 Bupati dan Wakil Bupati Resmi Dilantik, Gubernur Rohidin : Rangkul Kawan-Kawan Kita yang Ikut Berkompetisi Dalam Pemilukada Lalu

  • Whatsapp
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berfoto bersama usai melantik dan mengambil sumpah jabatan Bupati terpilih hasil Pilkada 2020

TERPERCAYANEWS.com –  Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Jum’at 26 Februari 2021 resmi melantik tujuh Bupati dan Wakil Bupati terpilih, yaitu Bupati lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Mukomuko, Bengkulu Utara, Seluma dan Bengkulu Selatan di Balai Raya Semarak, Bengkulu periode 2021-2024.

Pelantikan yang diawali dengan bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan pembacaan keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.17-364 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.17-357 Tahun 2021 Tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daearah dan Wakil Kepala Dearah hasil pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020 di Kabupaten pada Provinsi Bengkulu.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Bupati sebagai Wakil Bupati dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Udang-Undang dasar Republik Indonesia tahun 1945, dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturanya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” ucap Gubernur mendiktekan sumpah dan janji jabatan dengan diikuti oleh Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik.

Dalam katasambutan Gubernur kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Kepala Daerah sebagai penyelengara tugas pimpinan fungsi-fungsi pemerintahan, juga menjaga ketertiban dan keamanan di tengah-tengah masyarakat dan sama-sama dengan DPRD untuk melakukan rancangan peraturan daerah.

“Tugas ini Bapak Ibu sekalian tentu tidak ringan, tapi sungguh akan mudah dilaksanakan kalau ada sinergitas, kalau ada kekompokan dan bersatunya elemen masyarakat. Lebih dari itu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah harus mampu mengelola jajaran ASN, karena aparatur sipil negara adalah motor penggerak utama agar fungsi kepemimpinan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah itu dapat berjalan dengan baik,” kata Gubernur Rohidin.

Dalam menjalankan fungsi dan tugas tersebut, harus mengedepankan prinsip-prinsip akuntabilitas, prinsip-prinsip tranparansi yang di era sekarang menjadi sebuah keseharusan dan kebutuhan. Selain itu, dalam pelantikan pengambilan sumpah pada hari ini adalah titik dari agenda terakhir kegiatan Pemilukada.

“Semuanya sudah selesai, Bapak Ibu sekalian akan menjadi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Kabupaten masing-masing. Rangkul kawan-kawan kita yang ikut berkompetisi dalam Pemilukada yang lalu, dan tentu kepada teman-teman kita yang belum berasil mereka juga harus mengakui atas kemenangan ini dan memberikan dukungan yang penuh agar sekali lagi apa yang diagendakan dapat dijalankan dengan baik,” katanya.

Selain itu, ia juga mengucapkan terimaksih kepada Bupati dan Wakil Bupati seluruh Kabupaten di Provinsi Bengkulu yang sudah menunaikan tanggungjawab pada periode 2016-2021, ia meyakini kepada seluruh Kepala Daerah sudah mencurahkan pemikiran dan tenaga yang luar biasa untuk ikut bersama-sama membangun Provinsi Bengkulu ini. (3F)

Pos terkait