8 Cara Hidup Sehat Saat Weekeend

  • Whatsapp
Foto : bukitrhema.com

Weekend menjadi waktu yang paling ditunggu. Inilah waktu di mana bisa terlepas dari beban pekerjaan sehari-hari dan bisa bersantai sesuka hati. Biasanya weekend diisi dengan kegiatan yang menyenangkan, seperti jalan-jalan, kulineran, nonton film, dan lainnya. Atau ada yang hanya bermalas-malasan di rumah.

Meskipun begitu, jangan lupa untuk tetap menjaga hidup sehat selama weekend. Ini agar saat kembali melakukan rutinitas di minggu berikutnya, badan tetap bugar. Ada beberapa cara untuk tetap hidup sehat selama menghabiskan weekend.

Persiapan Weekend

Jika memiliki rencana kegiatan yang akan dilakukan saat weekend, sebaiknya dipersiapkan di hari sebelumnya. Misalnya ada rencana untuk berwisata ke luar kota di Sabtu hingga Minggu, maka usahakan jangan lakukan aktivitas yang terlalu melelahkan sehari sebelumnya. Agar kondisi tetap bugar saat pergi berwisata saat weekend.

Bangun Pagi

Meski hari libur, tapi jangan dijadikan alasan saat weekend bisa sesukanya bangun siang. Justru mumpung hari libur, Anda bisa menikmati pagi lebih leluasa. Bangun pagi, kemudian keluar rumah untuk sekadar mencari sarapan sambil berjalan kaki sambil menikmati segarnya udara pagi dan hangatnya sinar matahari. Anda juga bisa melakukan sarapan dengan makan makanan jajanan pinggir jalan bersama keluarga, sambil ngobrol. Nikmati semua kegiatan pagi hari itu dengan santai, karena itu yang tidak bisa Anda lakukan saat hari kerja.

Jangan Lupa Olahraga

Berolahraga saat weekend menjadi pilihan akivitas yang baik. Apalagi selama hari kerja Anda tidak sempat untuk melakukan olahraga. Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki, jogging atau senam. Apalagi bisa lebih menyenangkan ketika berolahraga ringan dilakukan berbarengan dengan waktu car free day. Selain itu Anda juga bisa melakukan olahraga lebih berat yang juga menjadi hobi Anda, seperti futsal, main basket, berenang dan lainnya.

Kegiatan di Rumah

Jika malas keluar rumah, Anda juga bisa melakukan kegiatan ringan di dalam rumah. Yang penting tubuh Anda harus bergerak dan jangan terlalu banyak bersantai. Kegiatan yang bisa dilakukan seperti membersihkan rumah, merapikan barang-barang, berkebun di pekarangan rumah, dan lainnya. Berbagai kegiatan tersebut bisa menjadi pengganti olahraga untuk sekadar mengeluarkan keringat dan menggerakan tubuh.

Jalan-jalan ke Lokasi yang Beda

Jalan-jalan ke mall atau pusat perbelanjaan biasanya menjadi aktivitas favorit untuk mengisi weekend. Dan biasanya dibarengi dengan kulineran di restoran atau tempat makan yang tersedia di dalamnya. Tidak ada salahnya sih. Tapi sesekali coba jalan-jalannya ke lokasi yang berbeda, misalnya ke museum, kebun binatang, atau piknik di taman, sambil membawa makanan sendiri yang dimasak di rumah. Tentunya itu akan lebih sehat, karena kebersihan makanannya lebih terjamin.

Pilih Menu Kulineran

Jika Anda punya hobi kulineran, weekend memang menjadi waktu yang leluasa untuk menjelajahi berbagai menu makanan dan minuman yang baru. Tapi sebaiknya tetap menjaga menu kuliner yang ingin disantap. Usahakan hindari makanan dan minuman yang kurang menyehatkan, seperti yang tinggi kolesterol, mengandung lemak jenuh, terlalu banyak mengandung gula dan lainnya. Pilihlah makanan yang sehat, seperti makanan yang banyak mengandung serat, sayuran atau buah-buahan.

Masak Sendiri di Rumah

Mumpung punya waktu luang lebih banyak, buat Anda yang hobi memasak, bisa mengisi waktu libur dengan mencoba resep baru di rumah. Apalagi buat Anda yang sudah berkeluarga, bisa menyajikan makanan yang lebih sehat dan lebih terjamin kebersihannya untuk anggota keluarga lainnya.

Tetap Banyak Minum Air Putih

Selama bekerja di kantor, biasanya kita sudah menyediakan tempat minum yang terisi air putih di meja kerja. Sehingga kita selalu ingat untuk banyak minum air putih. Tapi ketika sedang di rumah saat weekend, kebiasaan itu bisa saja terlupakan. Sebaiknya lakukan cara yang sama atau mungkin ada cara lainnya, agar kebiasaan banyak air putih tetap dilakukan selama weekend.

Sebelumnya artikel ini sudah terbit di https://medium.com/@homecare24.blog/8-cara-mudah-hidup-sehat-saat-weekend-720b48605347

Pos terkait