Anggarkan Dana Pokir 130 Juta, Elfia Rita Dewi Wakil Ketua DPRD Sawahlunto Dukung pemberdayaan Karang Taruna di Sawahlunto

  • Whatsapp

TERPERCAYANEWS.com – Wakil ketua DPRD Kota Sawahlunto, Sumatera Barat Elfia Rita Dewi dari Fraksi Golkar dapil lembah Segar Silungkang bersilahturahmi sembari serap aspirasi pemuda yang tergabung dalam organisasi karang taruna kota beserta tim korwil karang taruna kecamatan lembah Segar yaitu Elfidot ch dan Silungkang Fajar Bratama, Sabtu, 20 Februari 2021.

Dalam silaturahmi tersebut, Dewi panggilan akrabnya sempat berdiskusi dengan para pemuda karang taruna. Beberapa poin pokok yang disampaikan Dewi diantaranya terkait peningkatan kapasitas SDM dan pemberdayaan kegiatan karang taruna di kecamatan lembah Segar Serta Silungkang dengan cara memperbanyak pelatihan, bimtek, seminar.

“Memperkuat SDM Karang Taruna perlu dilakukan dengan cara memperbanyak pelatihan, bimtek, seminar dan lokakarya oleh karang taruna kota dan kecamatan. Sementara itu pemberdayaannya harus diberikan melalui pengembangan-pengembangan usaha ekonomi produktif (UEP) dengan pemberian bantuan modal wirausaha kelompok karang taruna dan dukungan terhadap kegiatan rekreasi olahraga kesenian yang dilaksanakan karang taruna,” kata Rita Dewi.

Wakil ketua DPRD Elfia Rita Dewi terlihat sedang berbincang-bincang bersama para pemuda yang tergabung dalam organisasi karang taruna

Menjawab apa yang disampaikan Wakil Ketua DPRD ini, Ketua Karang taruna kota Sawahlunto Andri Maha Putra menjelaskan bahwa di tahun 2021 dan 2022 nanti Karang taruna kota mempunyai program unggulan seperti sekolah kader kepemimpinan karang taruna Desa/Kelurahan, Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Kecamatan dan Peningkatan branding usaha ekonomi produktif (UEP) Karang taruna yang telah tumbuh di Desa/Kelurahan. Dan kesemua itu tentu perlu dukungan berbagai pihak termasuk dari DPRD.

“Apalagi saat ini karang taruna sudah ada yang tumbuh UEP nya dengan kegiatan budidaya jahe merah di Aur Mulyo, budidaya ikan nila di Tanah Lapang dan Pasar Kubang, budidaya ikan lele di Muaro Kalaban, penggemukan sapi dan budidaya maggot bsf sampah organik di Lumindai dan pengolahan plastik di Durian Dua,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu rita Dewi merupakan wanita yang dibesarkan oleh organisasi AMPI dan KNPI ini, ia akan komitmen menganggarkan dana pokir APBD 2022 sejumlah 130 juta.

Dana tersebut terutama akan diposkan untuk kegiatan pemberdayaan karang taruna kelurahan Aur Mulyo 50 juta dan 80 juta untuk peningkatan kapasitas SDM karang taruna se-kecamatan lembah Segar dan Silungkang.

Selain itu, dengan sedang berlansungnya masa reses I sidang tahun 2021 dan proses penginputan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) tahun anggaran 2022 di Dewan, perencanaan pokirnya disiapkan dalam mendukung kegiatan-kegiatan positif generasi muda karang taruna.

“Di tahun 2020 lalu juga saat reses Dewi sempat berdiskusi dengan karang taruna kelurahan Aur Mulyo sehingga tergerak untuk membantu mereka. Karang taruna ini adalah wadah akar rumput generasi muda di Desa/Kelurahan dan perlu pembinaan yang kontinyu,” katanya.

Diakhir silaturahmi pengurus karang taruna sawahlunto ini, juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Wakil Ketua DPRD  atas sudah memperjuangkan alokasi pokirnya untuk pemberdayaan karang taruna.

“Kepedulian legislatif ini terhadap organisasi binaan eksekutif sangat berarti dan menunjukkan sinergi saling mendukung untuk kebaikan pembangunan SDM generasi muda Sawahlunto di masa depan,” tutur Andri. (3f)

Pos terkait