BPD Se-Kabupaten Seluma Resmi Dilantik

  • Whatsapp

TERPERCAYANEWS – Bupati Seluma, Erwin Octavian dan Wakil Bupati, Gustianto melantik serta mengukuhkan 135 Anggota Badan Pemusyawaraan Desa (BPD) terpilih dari 26 Desa, 9 Kecamatan Se-Kabupaten Seluma, Kamis, 1 Juli 2021 di Balai Adat Seluma.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan ucapan selamat kepada anggota BPD yang baru saja dilantik pada hari ini serta mengharapkan bagi seluruh anggota BPD yang baru untuk mehilangkan semua pengaruh pemilihan BPD yang telah dilewati, dan meminta aparatur Desa bergandeng tangan bersama-sama membangun desa.

“Bagi anggota BPD yang baru cepat beradaptasi dan memahami tugas yang diemban, berkordinasi dengan camat juga instansi terkait serta memahami peraturan yang berlaku,” kata Bupati.

Bupati sendiri meminta agar BPD dapat membantu Kepala Desa dalam menciptakan peluang dan potensi yang dapat dikembangkan, termasuk membangun sisten promosi produk unggulan Desanya, menggali sumber daya yang ada di Desa untuk dijadikan Pendapat Asli Desa (PAD), salah satu tolak ukur Desa membangun dengan kekuatan sendiri otonomi Desa adalah Desa memiliki PAD.

“Saya harap Kepala Desa setempat bersinergi dengan anggota BPD demi membangun tujuan yang sinkron serta searah demi kemajuan Desa, menuju Seluma Desa Maju,” sambung Bupati.

Menurut Bupati, BPD sendiri adalah bagian penting dari perkembangan desa, ibaratkan anggota DPR, BPD berperan sama memegang amanat masyarakat desa, untuk tercapainya pembangunan dan kegiatan kemasyarakatan di Desa dan Daerah di Kabupaten Seluma.

Bupati mengharapkan, ketika BPD menjalankan tugas dapat mempedomani Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan permendagri Nomor 110 tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa.

“Sekali lagi saya ingatkan kepada seluruh BPD yang dilantik untuk dapat bekerja sama kepada pemerintah, swasta dan semua lapisan masyarakat, maka mari bersama kita membangun desa lebih maju, modern dan aman demi teciptanya seluma alap dan mari kita wujudkan seluma desa maju,” ujar Bupati.

135 Anggota BPD dari 26 Desa di Sembilan Kecamatan yang dilantik ialah Kecamatan Lubuk Sandi, Talo Kecil, Air Priukan, Semidang Alas, Semidang Alas Maras, Ilir Talo, Seluma Timur, dan Kecamatan Talo.

Pos terkait