Bupati Seluma Ajak Guru-Guru Melestarikan Seni dan Budaya Seluma Melalui Pembelajaran di Sekolah

  • Whatsapp

TERPERCAYANEWS.com – Bupati Seluma Erwin Octavian, SE menghadiri puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021 dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-76 di Aula Gedung PGRI Kabupaten Seluma, Kamis, 25 November 2021.

Turut hadir dalam peringatan HGN dan HUT PGRI ke 76 yang mengusung tema Bangkit Guruku, Maju Negeriku”, Ketua PGRI Seluma Umardin,S.Pd dan Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma Supratman, MM.

Dalam sambutannya, Bupati Erwin menyampaikan, pelajaran tentang kesenian daerah Kabupaten Seluma harus ada dan diajarkan kepada anak-anak, mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP, sampai ke tingkat SMA.

“Saya mohon, untuk setiap sekolah yang ada di Kabupaten Seluma agar dalam proses belajar mengajar dapat memasukan pelajaran mengenai pengetahuan Kesenian Daerah serta Budaya asli Seluma,seperti kesenian tari, mencak silat dan kesenian menulis tulisan kaganga, minimal seminggu sekali atau bisa dilaksanakan seperti lomba kesenian,” ujarnya.

Menurutnya, kesenian dan budaya asli Kabupaten Seluma adalah sebuab warisan, untuk itu ini sangatlah penting dan harus dilestarikan melalui proses pembelajaran di sekolah-sekolah.

“Saya harap kepada para guru, untuk memberikan ilmu yang bermanfaat bagi “anak kita” termasuk mengajarkan kesenian dan budaya asli Seluma sejak dini. Nantinya, seiring berjalannya waktu, warisan budaya kita tidak akan terkikis. Ajarkanlah caranya menari, mencak, menulis huruf kaganga, dan kalo bisa membuat batik tenun bumpak,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Bupati Erwin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Seluma bekerjasama dengan Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Seluma akan menyelenggarakan lomba ceramah agama bagi anak-anak dan anak muda Seluma dalam waktu dekat.

“Kita sudah bekerjasama dengan Kemenag untuk mengadakan lomba ceramah agama. Lomba ini dimaksudkan, agar anak-anak kita terkhusus anak muda Seluma bisa tampil didepan publik sekaligus belajar agama islam. Dari lomba inilah, kita harapkan kedepannya banyak hal-hal positif yang dapat dilakukan oleh mereka dan program Seluma Berbudaya dan Beragama bisa berjalan semestinya,” pungkasnya.

Sementara itu, Umardin,S.Pd selaku Ketua PGRI Kabupaten Seluma menjelaskan bahwa organisasi PGRI akan selalu siap bersinergi dengan Pemerintah Daerah.

“PGRI adalah salah satu organisasi terbesar dan tertua yang ada di Indonesia. Maka dari itu, PGRI akan selalu bersinergi dengan Pemerintah dan siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Seluma,” ungkapnya.

Setelahnya, sebagai ucapan terima kasih atas dedikasi guru-guru yang ada di Kabupaten Seluma, Bupati Erwin memberikan penghargaan kepada para guru. (adv)

Pos terkait