Dewan Lebong Mediasi Puluhan Jasa Entertaiment, Usaha Organ Tunggal yang Terdampak Oleh Covid

  • Whatsapp

TERPERCAYANEWS.com – Pandemi Covid-19 memberi dampak amat besar pada sektor ekonomi dan sosial dilingkungan masyarakat. Selain melemahkan daya jual beli, bencana terhadap kesehatan ini masih belum memberikan kepastian terang kapan berakhir.

Pemerintah memberikan aturan pada masyarakat untuk mematuhi protocol kesehatan, seperti menjaga jarak, menghindari kerumunan, menggunakan masker apabila berpergian dan mencuci tangan setiap saat habis bersentuhan. Hal ini diterapkan alasanya meminimalisir penyebaran virus tersebut.

Di Kabupaten Lebong, Bengkulu, Selasa, 23 Februari 2021, puluhan pengusaha intertaiment atau musik organ tunggal mendatangai kantor DPRD Lebong. Kedatangan jasa hiburan musik ini untuk meminta kepastian dan arahan kepada Dewan atas usaha mereka.

Pasalnya, semenjak pandemi Covid 19 mereka tidak mendapatkan kontrak atau clien dari penyewa jasa hiburan seperti pernikahan dan lainya. Dewan pun menyambut baik kedatangan puluhan jasa intertaiment ini.

Disampaikan Ketua Komisi I yakni Wilyan Bachtiar, S.Ip menyampaikan bahwa kita semua masih mengacu kepada Surat Edaran (SE) Kapolri, SE Gubernur, SE Bupati bahwa sekarang masih dalam sitausi pandemi, maka disarankan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tertip.

“Boleh dilaksanakan sebagai mana mestinya, tetapi setiap pemilik hajatan harus menyiapkan protokol kesehatan yang ketat dan panitia khusus untuk melaksanakan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Hearing tersebut dihadiri panitia gugus tugas Covid 19 yang terdiri dari TNI, Polri dan Pemda Lebong. Selain memperbolehkan dengan catatan tetap patuh dengan protokol kesehatan, estimasi diberikan hanya batas pukul 15.00 WIB.

Namun, izin tersebut tidak berlaku pada malam hari, seperti sebelumnya masyarakat diperbolehkan menggelar pesta malam. Apabila aturan ini dilanggar, maka pemilik jasa intertaiment atau musik organ tunggal serta penyelengara hiburan akan mendapatkan saksi dan pembubaran.

Hal ini masih melihat perkebangan terkonfirmasi Covid-19 di masyarakat meningkat atau menurun. Apabila semakin meningkat dan terus betambah klaster baru, maka hiburan akan ditiadakan dengan kembali ke pertauran semula. (adv)

 

Pos terkait