Diangkat Anak Cucu Kaum Enam di Hulu, Tak Ada Keraguan Memenangkan Helmi Hasan Di Pilgub Bengkulu

Terpercayanews – Calon Gubernur Bengkulu Nomor Urut 1 Helmi Hasan, resmi diangkat menjadi anak cucu Kaum Enam di Hulu. Pengangkatan yang berlangsung di kabupaten Mukomuko ini, disaksikan oleh para warga, pemuka adat, tetua kaum, alim ulama, dan cerdik pandai dan mantan Bupati dua periode Mukomuko Ichwan Yunus.

Acara yang berlangsung di kediaman ibu Mujibah kelurahan Pasar Mukomuko ditandai dengan pemasangan Etar Adat oleh ketua Kaum.

Usai acara, Ketua Penghulu adat Pasar Mukomuko, Datuk H. Zaharuddin, menerangkan bahwa, Helmi Hasan sudah resmi menjadi anak cucu seandeko, Kaum Enam di Hulu, “Tadi diminta nenek mamak untuk memasang detar, sekarang sudah dipasangkan detar adat Mukomuko.” ucap H. Zaharuddin, Selasa, (6/10/2020)

Dengan masuk kaum menjadi anak cucu Kaum Enam Di Hulu, maka Helmi Hasan resmi menjadi masyarakat Mukomuko, dan merestui pencalonan Helmi Hasan sebagai Gubernur Bengkulu.

“Semoga semua hajat dan tujuan Pak Helmi Hasan tercapai,” doanya, dan diaminkan oleh anak cucu Kaum di Mukomuko.

Untuk diketahui, di kabupaten Mukomuko kesatuan kerabat dalam Kaum masih sangat kuat. Ada enam kaum di Mukomuko yaitu: Kaum Enam di Hulu, Kaum Delapan di Tengah, Kaum Empat Belas, Kaum Enam di Hilir, Kaum Lima Suku, dan Kaum Gersik. Setiap kaum dikepalai oleh seorang kepala kaum.

Secara terpisah Penghulu adat H. Mukhtar Mara menyatakan bahwa, dengan masuknya Helmi Hasan dalam Kaum, maka dianggap menjadi bagian keluarga dari anak cucu kaum.

“Sebagai keluarga kami siap membantu keluarga, apapun yang menjadi ajat tujuannya, baik maupun buruk,” ungkap H. Mukhtar.

Sementara itu Helmi Hasan yang didampingi sahabatnya Dedy Wahyudi, Ketua Penghulu adat, dan tokoh masyarakat dan juga mantan Bupati Mukomuko H. Ichwan Yunus, Helmi mengungkapkan rasa gembira dan senang, setelah diterima dalam anak cucu Kaum.

“Saya sangat gembira dan senang, sudah masuk dalam salah satu Kaum di Mukomuko”, ungkap Helmi.

H. Ichwan Yunus, dalam kesempatan yang sama turut mengungkapkan kepada awak media, Helmi sebagai anak cucu kaum di Mukomuko ini sangat penting. Dengan demikian, tak ada lagi keraguan masyarakat Mukomuko untuk menjadikan Helmi sebagai Gubernur.

“Helmi ini anak cucu kaum Mukomuko, karena itu dia adalah keluarga kita. Kita menangkan dia sebagai gubernur,” ungkapnya dengan nada penuh semangat.

Dia berharap Helmi Hasan bisa memajukan Provinsi Bengkulu. Sebab, kerja-kerja Helmi sudah terbukti saat memimpin Kota Bengkulu sebagai Walikota dua periode.

“Bila dipimpin Helmi Hasan, masyarakat Provinsi Bengkulu akan bahagia dunia akhirat,” tegasnya. (BF)

Pos terkait