Diduga Fitnah dan Melakukan Pencemaran Nama Baik, Dua Akun Facebook Dilaporkan

Dede Frasetien, SH kuasa hukum pasangan calon Bupati Dan Wakil Bupati Hidayatullah Sjahid-Zurdi Nata

TERPERCAYANEWS.com, – Tim kuasa hukum pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepahiang Nomor Urut 02 Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid.,MM.IPU – H. Zurdi Nata, S. Ip melalui kuasa hukum Dede Frastien, SH kembali melaporkan dua akun sosial media facebook dengan nama akun Kepahiang Damia dan Bunga Kepa kepada Direktur Reskrim Khusus POLDA Bengkulu terkait dugaan telah melakukan pencemaran nama baik dan menyerang kehormatan serta fitnah terhadap pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepahiang Hidayatullah Sjahid – H. Zurdi Nata. Rabu, 2 Desember 2020.

Hal tersebut terjadi awal mula oleh akun facebook dengan nama Kepahiang Damia dengan memposting informasi elektronik dengan menandai 46 akun facebook lainya pada tanggal (30/11) lalu dengan berbunyi “Wahai Kepahiang ini Indikasi Korupsi Hidayatullah Bup Kepahiang” disertai foto bukti laporan pembangunan jalan paket II Cinto Mandi-Langgar Jaya-Damar Kencana dan disertai foto bukti tanda terima surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi.

Setelah itu, akun media sosial facebook dengan nama Bunga Kepa melanjutkan dengan membagikan kembali postingan tersebut di akun sosial facebook miliknya.

Menanggapi hal ini, Dede menilai bahwa pada poin-poin diatas terutama akun sosial media facebook dengan nama Kepahiang Damia dan Bunga Kepa dinilai memiliki muatan unsur pencemaran nama baik.

“Menurut kami telah terang memiliki muatan unsur pencemaran nama baik dan fitnah yang berujung merendahkan martabat klien kami serta dengan sengaja menyebarluaskan informasi elektronik yang bermuatan pencemaran nama baik dan menyerang kehormatan klien kami,” kata Dede, Kamis (3/12/2020).

Mengacu berdasarkan uraian Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) Undang-Undang nomor 19 tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik dengan berdasarkan bukti-bukti yang dimiliki dengan diperkuat oleh saksi-saksi menurutnya telah memenuhi unsur-unsur pidana yang termuat dalam Pasal-Pasal tersebut.

“Berdasarkan bukti-bukti yang kami miliki dan diperkuat oleh saksi-saksi membuat terang juga telah terjadinya pencemaran nama baik yang dilakukan oleh akun sosial media facebook dengan nama Kepahiang Damia dan Bunga Kepa lakukan pada klien kami,” ungkap Dede.

Sebelumnya, tim kuasa hukum pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepahiang nomor urut 2 ini juga telah melaporkan akun sosial facebook atas nama Arbi S.Ip, dengan dugaan telah menyebar luaskan informasi elektronik yang bermuatan pencemaran nama baik dan menyerang kehormatan serta fitnah kepada Pengaduan Masyarakat (DUMAS) Polres Kepahiang.

“Kami melaporkan postingan akun facebook Arbi S.Ip tersebut karena menurut kami sangat merugikan klien kami serta menyerang martabat dan kehormatan klien kami, sehingga kami melakukan Pengaduan Masyarakat dengan menerapkan Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta Pasal 310 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP),” ungkapnya.

Lebih lanjut Dede menerangakan “Hal ini kami lakukan agar terciptanya situasi yang kondusif di tengah pesta demokrasi Kabupaten Kepahiang, serta mengajak masyarakat Kabupaten Kepahiang agar lebih bijak menggunakan sosial media. Terlebih akun sosial media yang disinyalir milik dari Bapak Arbi, S.Ip yang merupakan Ketua Tim Siber pada struktur Tim Kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang Nomor Urut 01 (Ujang Syarifudin, SE -Ir. H. Firdaus Jailani). Seharusnya memberikan contoh yang baik pada masyarakat Kabupaten Kepahiang dalam menggunakan sosial media.” tutur Dede. (3f)

 

 

 

Pos terkait