Irigasi Putus, Masyarakat Kemumu Terancam Gagal Panen

  • Whatsapp

TERPERCAYANEWS.com – Curah hujan tinggi mengguyuri daerah persawahan di Kelurahan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara, mengakibatkan saluran irigasi induk yang menyaluri air ke sawah petani mengalami putus.

Akibat putusnya irigasi tersebut, sawah warga kini mengalami kekeringan karena tidak dapat disaluri air. Sementara untuk menghindari gagal panen akibat kejadian ini, Ketua Gapoktan dan kelompok tani ketika ditemui awak media dilokasi mengatakan.

“Kita sudah koordinasi dengan dinas-dinas terkait. Untuk saat ini kita tangani dulu secara swakelola, dengan membuat penyambung air dari papan,” kata salah satu anggota Gapotkan, Selasa, 30 Maret 2021.

Upaya para kelompok tani salah satu solusi untuk menghindari kekeringan sawah mereka. “Yang penting air bisa mengalir ke area persawahan, karena sawah petani sangat membutuhkan air untuk saat ini,” ungkap kelompok tani yang sedang terlihat memperbaiki saluran irigasi tersebut dilokasi.

Sementara itu untuk material, dengan kesepakat mereka memutuskan untuk hutang terlebih dahulu  kesalah satu toko bangunan.“Karena kita butuh tindakan cepat, kalau nggak petani bisa gagal panen. Mungkin dalam 3 hari ini air sudah mengalir ke area persawahan,” ungkapnya.

Penulis : Marges

 

 

Pos terkait