Kegiatan Tabut Tetap Berlangsung Bersama Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
Foto: Pelaksanaan kegiatan Tabut Provinsi Bengkulu (foto Okezone news)

Terpercayanews – Pelaksanaan kegiatan Tabut tahun ini tetap berlangsung. Seperti dijelaskan Ketua umum Keluarga Kerukunan Tabut (KKT) Ir, Syiafril Syahboeddin, kegiatan Tabut tahun ini hanya saja berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Kegiatan Tabut tetap akan dilakukan tahun ini, dari tanggal 01 Muharram sampai dengan 10 Muharram. Hanya saja pelaksanaan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19,” ujar Syiafril.

Sebelum pelaksanaan kegiatan ritual, Komunitas Tabut ini terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, Danrem dan Gugus Tugas Covid-19.

“Kita akan berkoordinasi dengan Kapolda, Danrem, dan Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 untuk bersilahturahmi dan pamit sebelum melaksanakan kegiatan ritual Tabut 2020,” terangnya.

Lebih lanjut, dijelaskanya Festival Tabut ini akan berlangsung dari tanggal 19 Agustus hingga 29 Agustus 2020 mendatang. Dan kegiatan kegiatan Tabut tahun ini kemungkinan juga hanya melaksanakan prosesi ritual.

“Kami kerukunan tabut kemungkinan hanya melaksanakan prosesi ritual seperti mengambil tanah, duduk penja, tanpa menjara satu dan dua, dan arak jejari, arak sorban, tabut besanding seadanya. Begitu juga dengan pembuangan tabut serta bazar rakyat,” terangnya.

Dijelaskanya juga bahwa pada festival Tabut 2020 ini tidak akan mengundang banyak kerumunan masyarakat. (Eef).

Pos terkait