Menggelar Pesta Pernikahan Sudah Diperbolehkan, Ketua DPRD Suprianto Apresiasi Kebijakan Pemerintah Kota Bengkulu

  • Whatsapp
Kelompok perwakilan masyarakat yang tergabung dalam Asosiasi Vendor Pernikahan, dan Persatuan Pedagang Pasar Malam bersama anggota DPRD Kota Bengkulu

TERPERCAYANEWS.com – Beberapa kelompok masyarakat yang tergabung dalam Asosiasi vendor pernikahan Bengkulu dan persatuan pedagang pasar malam Bengkulu dapat bernapas legah. Soalnya, dampak dari pandemi Covid-19 yang melanda saat ini mengakibatkan mereka tidak bisa menjalankan usaha seperti biasanya.

Setelah menempuh upaya mencari jalan tengah penyelesaian, permasalahan dengan rangkaian Audiensi yang cukup panjang bersama anggota DPRD Kota Bengkulu, mereka mendapatkan kelonggaran dengan dikeluarkanya Surat Edaran (SE) Walikota Bengkulu tentang Kegiatan yang Bersifat Keramaian/Kerumunan Nomor 338/06/B.Kesbangpol tahun 2021 ini memberi peluang bagi pelaku usaha untuk kembali melakukan kegiatan usaha mereka. Atas kebijakan tersebut mendapat apresiasi dari Ketua DPRD Kota Bengkulu Suprianto.

Ia mengatakan, DPRD secara kelembagaan mengapresiasi kebijakan Pemerintah Kota BengkuluĀ  yang membuka peluang masyarakat untuk kembali melakukan kegiatan usaha. Namun ia mengingatkan kepada masyarakat bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir, maka ia meninta kepada masyarakat untuk tidak lalai dalam menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat.

“Kita ingin memberi pesan kepada masyarakat bahwa Covid-19 masih ada dan jangan sampai dengan dibukanya kembali kegiatan usaha, justru kurva covid malah meningkat. Terapkan prokes yang ketat, karena mengatasi penyebaran covid itu menjadi tugas kita bersama. ” katanya, Jum’at, 5 Februari 2021.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bengkulu telah mengkaji dan menimbang kembali atas persoalan ini, sampai akhirnya memberi kelonggran kepada masyarakat yang ingin melaksanakan kegiatan yang bersifat keramaian termasuk masyarakat yang ingin menggelar pesta pernikahan telah diizinkan

Kebijakan ini diambil juga untuk pemulihan ekonomi terutama Kelompok Usaha Kecil dan Menengah di Kota Bengkulu serta memperhatikan Surat Edaran Gubermur Bengkulu Nomor: 440/094/DINKES/2021 tanggal 26 Januar 2021 tentang Upaya Percepatan Penanganan Kasus Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Masyarakat.

Atas pertimbangan-pertimbangan itu, maka kegiatan yang menimbulkan keramaian/kerumunan sudah dapat dilakukan dengan catatan wajib melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, seperti setiap tamu/pengunjung wajib memakai masker, jaga jarak, menghindari kontak langsung antar sesama tamu/pengunjung.

Kemudian penyelenggara/penyedia tempat atau pengusaha wajib memastikan tamu/pengunjung tidak melebihi 50% kapasitas ruangan/tenda dan menyediakan tempat cuci tangan, sabun, hand sanitizer serta mengukur suhu badan dengan thermo gun di pintu masuk.

Selain itu, untuk restoran, rumah makan, pasar malam buka sampai dengan jam 23.00 WIB dan diskotik, karaoke, cafe dan hiburan malam lainnya buka sampai dengan jam 24.00 WIB.

Khusus kegiatan resepsi pernikahan, penyelenggara/pemilik gedung/WOvendor wedding lainnya wajib menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) kegiatan masing-masing yang sesuai pencegahan
penyebaran Covid-19.

Untuk yang ingin menggelar pernikahan, terutama untuk pengantin dan orang tua kedua belah pihak wajib Rapid Test Swab Antigen 3 hari sebelum pelaksanaan resepsi dengan hasil non reaktif. Tidak menyediakan makanan dengan prasmanan baik untuk tamu maupun diruangan VIP.

Kemudian, mengatur sirkulasi tamu masuk keruang acara tidak melebihi kapasitas 50 % dari kapasitas gedung, mengatur jarak minimal 1 meter antara tamu saat sesi ucapan selamat kepada pengantin dan antrian mengisi daftar tamu serta pengambilan makanan. Namun meskipun pesta pernikahan sudah diperbolehkan, khusus untuk kegiatan angin malam seperti lomba song, domino, hiburan musik pada malam hari belum diperbolehkan. (ADV)

 

 

Pos terkait