Ketua DPRD Suprianto Pinta Dinas PUPR Cari Solusi Banjir

  • Whatsapp
Foto: Ketua DPRD Suprianto berdialog bersama Dinas PUPR terkait cari solusi penanganan banjir

Terpercayanews – Hujan yang mengguyur di beberapa wilayah, salah satunya di Kota Bengkulu dengan intesitas tinggi, mengakibatkan beberapa wilayah mengalami kebanjiran, terutama di RT 11, Kelurahan Jembatan Kecil, Kecamatan Singgaran Pati.

Banjir yang menggenangi pemungkiman masyarakat sekitar jam 11.00 malam, dengan ketinggian mencapai lutut orang dewasa, air mulai surut pagi hari sekitar jam 04.00 wib. Seperti diceritakan Ernawati, warga sekitar yang juga mengalami kejadian ini, menceritakan awalnya hanya beberapa rumah saja yang terendam banjir, namun karena hujan tak kunjung berhenti, akhirnya air naik sampai menggenangi hampir seluruh rumah warga Rt. 11 Kelurahan Jembatan Kecil, Kecamatan Singgaran Pati.

Dengan kejadian ini, ia berharap kepada pemerintah, agar dapat memberikan solusi dan tindakan, terutama agar air cepat surut.

“Kami minta tolong kepada pemerintah agar dapat membantu supaya air dapat surut, dan kami bisa dapat beraktivitas kembali seperti biasa,” ujar Ernawati, Selasa, (6/10/2020).

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bengkulu Suprianto bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), yang meninjau lokasi kejadian banjir, sekaligus menyambangi warga yang terdampa banjir. Ia prihatin atas kejadian ini dengan memberikan bantuan bentuk dari pertolongan pertama bagi masyarakat terkena dampak banjir.

“Jangan sampai meraka kelaparan karena dari malam sampai pagi ini tidak bisa masak akibat banjir yang mengenangi rumah mereka. Bantuan yang kita berikan ialah berupa mie instan, air minim serta nasi bungkus, karena untuk saat ini mereka membutuhkan logistik tersebut,” ujar Suprianto saat meninjau langsung ke lokasi banjir.

Agar kedepan tidak terulang kembali, Suprianto meminta kepada Dinas PUPR mencari solusin dan permasalahan banjir, terutama untuk mengantisipasi apabila intesitas hujan tinggi terulang kembali. Ia juga meminta agar saluran air dapat dikeruk dengan langsung dibuatkan drainase.

“Kami minta Dinas PUPR fokuskan mengatasi permaslahan banjir ini,” pinta Suprianto.

Menanggapi usulan itu, Dinas PUPR, yang diwakili Kabid Sumber Daya Air (SDA) Yosef Feri Yorizal nampaknya setuju atas permintaan Ketua DPRD tersebut, ia mengatakan akan melakukan upaya untuk mengatasi permasalah banjir di Kelurahan Jembatan Kecil ini.

“Ya, nanti kita akan mencari solusi untuk mengatasi banjir ini. Salah satunya ialah melakukan penggerukan dan setelah itu membuat drainase agar pengairan dikawasan ini berjalan lancar ketika hujan turun,” tutur Yosef. (Pep/adv).

 

Pos terkait