Ketua PGI Wilayah Bengkulu Edwar Manalu Imbau Ahli Waris Bersama Pemkot Dapat Duduk Bersama

  • Whatsapp
Edwar Manalu, S.Th Ketua PGI Wilayah Bengkulu

TERPERCAYANEWS.com – Rencana pemindahan tempat pemakaman umum (TPU) di Kelurahan Sebakul  ke Bentiring Permain yang akan menjadi TPU merah putih, Ketua persatuan gereja Indonesia (PGI) Wilayah Bengkulu pdt Edwar Manalu, S.Th mengajak umat kristiani menanggapi dengan kepala dingin.

Pasalnya, TPU yang berada dilokasi Kelurahan Sebakul tersebut terapat banyak makam umat kristiani. Selain pemindahanya tidak segampang membalikan telapak tangan, juga beberapa ahli waris menolak pemindahan disana.

“Alasanya memindahkan makam itu makan waktu yang banyak, memakai dana juga. Persiapanya harus melibatkan banyak orang, termasuk keluarga. Ini sesuai adat istiadat Batak,” kata Edwar, Sabtu, 6 Maret 2021.

Edwar mengimbau kepada ahli waris dan Pemerintah Kota Bengkulu untuk dapat duduk bersama membahas rencana pemindahan makan tersebut.

Diakatakanya, pihaknya sendiri sudah bertemu langsung dengan Walikota Bengkulu Helmi Hasan terkait rencana itu. Ia pun setuju rencana Walikota untuk mengembangkan perkantoran didaerah Air Sebakul.

“Kita masih melakukan sosialisasi tentang rencana pengembangan kawasan perkantoran itu ke grassroot, karena ada makam kristiani yang akan ikut dipindahkan, ungkap Edwar.

Pemerintah kota Bengkulu sendiri dikatakan Edwar, hanya memfasilitasi trasportasi untuk memindahkan makam ini. Sementara perihal adat istiadat pemindahan dibebankan oleh pihak ahli waris, “Kalau begitu ahli waris merasa berat,” kata Edwar.

Baca juga : https://terpercaya-news.com/muliakan-orang-sudah-meninggal-walikota-heli-hasan-bangun-tpu-merah-putih/

Penolakan ini sambungnya bukan berarti menolak Kota Bengkulu untuk menjadi maju. Ia juga senang kalau Kota Bengkulu tertata dengan baik.

“Tetapi sebaliknya jangan dilakukan buru-buru. Ahli waris dengan Pemerintah Kota Bengkulu harus duduk bersama dulu,” ungkapnya.

Diketahui, TPU merah putih yang akan pindah ke Bentiring Permai ada sekitar 265 makam. Sedangkan 200 diantaranya makam kristiani. Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi sudah meninjau lokasi pemindahan makan tersebut.

“Pemindahan akan dilakukan secara bertahap, yang muslim akan dipindahkan ke TPU yang sudah ada saat ini. Sementara yang kristiani akan dipindahkan ke TPU merah putih yang akan dibangun di Bentiring,” kata Helmi Hasan.

“Mulai saat ini tidak ada lagi yang melakukan pemakaman disana” lanjutnya. (3f)

Baca juga : https://terpercaya-news.com/warga-dukung-relokasi-tpu-taman-bahagia/

Pos terkait