Media Center Kota Bengkulu Meraih Peringkat 32 Teraktif Nasional dari 163 Media Center se – Indonesia

  • Whatsapp

Terpercayanews – Media Center Pemerintah Kota Bengkulu yang dikelola Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Bengkulu berada diperingkat 32 nasional dari 163 Media Center se-Indonesia dalam hal pengelolaan dan kontribusi berita Media Center se-Indonesia tahun 2019.

Ini diumumkan pada acara pemberian penghargaan Media Center daerah tingkat nasional yang dilakukan secara virtual dan bersamaan dengan acara Webinar Media Center Sebagai Humas Pemerintah, Rabu (22/7/2020).

Untuk tingkat Provinsi Bengkulu, Media Center Kota Bengkulu berada diposisi pertama dari Media Center Pemprov dan Kabupaten lainnya. Berdasarkan rekapitulasi yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo RI, Media Center Pemprov Bengkulu berada di urutan 77.

Selanjutnya Media Center Kabupaten Seluma urutan 79, Media Centet Kabupaten Rejang Lebong urutan 88, Media Center Kabupaten Bengkulu Selatan urutan 107, Media Centet Kabupaten Bengkulu Utara urutan 140.

Dalam rekapitulasi itu, Media Centet Kota Bengkulu telah mengirimkan bahan publikasi berupa berita ke portal berita infopublik.id sebanyak 483 dan dipublish sebanyak 399.

Plt Kepala Dinas Kominfosan Kota Bengkulu Eko Agusrianto melalui Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Nugroho Tri Putra mengatakan, peringkat yang diraih ini adalah sebagai penyemangat untuk terus memaksimalkan peran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Diskominfosan dalam menyebarluaskan informasi khususnya ke tingkat nasional.

“Jika dilihat dari rekapitulasi tersebut untuk perangkingan tingkat kota se-Indonesia, Media Centet Kota Bengkulu teraktif pada peringkat 8 dalam kontribusi berita. Tentunya bersama tim, kami akan lebih meningkatkan fungsi-fungsi pengelolaan informasi dan komunikasi serta penyebarluasannya ke tingkat nasional,” jelas Nugroho.

Disampaikannya pula, Media Center Kota Bengkulu juga akan terus menyajikan berita-berita yang berkualitas, khususnya mengenai penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, gagasan-gagasan Kepala Daerah dan lain-lainnya. “Kami akan terus berkarya, meningkatkan kuantitas, juga kualitas,” ujarnya.

Dalam acara itu, dibeberkan Media Center kategori kontribusi aktif dalam pemberitaan. Untuk kategori provinsi, MC kontribusi paling aktif dalam pemberitaan adalah Provinsi Jawa Timur, Provinsi Aceh, Provinsi Riau, Provinsi Kalteng dan Provinsi Gorontalo.

Sedangkan untuk kategori kabupaten/kota, yakni Kota Palangkaraya, Kota Padang, Kota Batam, Kabupaten Toba, Kota Palembang, Kota Pekan Baru, Kabupaten Merauke, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Indramayu.

Selanjutnya kategori kontribusi aktif dalam produksi foto tingkat provinsi yakni Provinsi Gorontalo, Kabupaten Banjar, Kabupaten Batang. Kemudian kategori foto terbaik adalah MC Kabupaten Pemalang, Provinsi Aceh dan Kabupaten Paser.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Prof. Dr. Widodo Muktiyo dalam sambutannya menjelaskan peran MC sangat besar dalam membantu komunikasi publik di Indonesia.

“Media Center harus mampu menyampaikan pesan-pesan yang berkualitas. Kualitas menjadi kunci penting dalam mengukur kinerja kita. Media Center pemerintah dituntut untuk berkualitas dan membungkus dengan baik pesan-pesan yang ingin disampaikan kepada publik,” sampai Widodo.

Meskipun, kata dia setiap Media Center di daerah punya banyak keterbatasan, tentu tidak menjadi alasan untuk terus meningkatkan kinerja serta terus membangun semangat kerja jurnalistik untuk mengalirkan pesan-pesan positif dalam rangka mendukung proses pembangunan Kota Bengkulu. (adv)

Pos terkait