Menuju Kota Sehat 2021, Dinas Perkim Mengajak Merawat Drainase dan Saluran Limbah Rumah Tangga

  • Whatsapp
Foto: Made Ardana Plt Dinas Perkim Kota Bengkulu

Terpercayanews – Menuju kota sehat 2021, yang akan dilakukan penilaian oleh Kementrian Kesehatan dalam rangka keikutsertaan kota sehat. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) kota Bengkulu turut serta mempersiapkan penilaian-penilaian yang baik, diantaranya melakukan kolaborasi dengan program Kotaku (Kota Tanpa Kumu).

Kolaborasi ini seperti dijelaskan Plt Kepala Dinas Made Ardana, program Kotaku ini sudah berjalan sejak tahun 2013. Dengan program Kotaku ini menurutnya sudah terlihat hasilnya sangat menyentuh masyarakat, diantaranya melakukan penekanan seperti menjaga saluran drainase pada permukiman masyarakat dengan baik, dan menjaga kebersihan jalan lingkungan agar tidak terjadi penyumbatan seperti tumpukan sampah.

“Penekanan-penekanan itu menurut kami dalam rangka menuju kota sehat, dan terdapat beberapa aspek yang menjadi penekanan Dinas Perkim. Salah satunya yaitu jalan lingkungan. Jalan lingkungan yang dimaksud adalah jalan yang masuk dalam permukiman. Jalan lingkungan ini secara fungsi adalah untuk aksebilitas masayarakat dikawasan permukiman. Sudah barang tentu yang utama bagaimana jalan lingkungan ini dijaga kebersihanya dengan baik, baik secara etika, secara kebersihan juga secara keseriusan dan itu semua sudah dalam standar,” ungkap Made, Senin, (10/08/20).

Menurutnya, saluran drainase sangatlah penting untuk sama-sama dijaga perawatanya, terutama ketika waktu hujan tiba tidak terjadi penyumbatan akibat saluran limbah rumah tangga tidak terawat.

“Drainase sangan penting, karena awal mula kawasan kumuh dalam permukiman ini adalah lipasan air, lipasan air ini bisa dari air hujan atau dari rumah tangga. Jadi bagaimana drainase yang sehat, yaitu aliran pemukimanya tidak ada yang terhambat dari rumah tangga,” tuturnya.

Sudah tentu kota sehat itu tidak ada lagi limbah, dan dikelola dengan baik lalu dialirkan pada drainase induk, jangan sampai menggenang dimana-mana.

“Kalau menggenang besar kemungkinan akan menimbulkan penyakit, terutama kumuh pada lingkungan tersebut,” sampainya

Dalam hal ini, pemerintah dengan masyarakat bersama-sama berkomitmen untuk memerangi kekumuhan dan menjaga drainase pada saluran air. (Eef)

Pos terkait