PjS Bupati Lebong Herwan Antoni: ASN Harus Netralitas Pada Pemilu 9 Desember Mendatang

  • Whatsapp
Foto: PjS Herwan Anton PjS Bupati Kabupaten Lebong

Terpercayanews – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan hal yang perlu terus dijaga dan diawasi, agar event Pemilu/Pemilihan dapat berjalan secara jujur dan adil antara calon kepala daerah dengan para ASN. Hal ini biasa mengundang ASN untuk terlibat pada event Pemilu guna memuluskan tujuan tertentu.

Maka dengan adanya pengawasan Bawaslu berharap dapat mencegah terjadinya keterlibatan ASN terhadap salah satu calon. Penjabat Sementara (PjS) Bupati Lebong Herwan Antoni dalam hal ini mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemkab Lebong untuk memegang dan menjaga netralitas dalam Pilkada Serentak Bengkulu 9 Desember 2020 akan mendatang.

Seperti disampaikanya pada pemilihan kepala daerah tahun ini jangan ada satupun ASN yang berpihak kesana kemari, “Apalagi sampai terbukti terlibat politik praktis,” ungkap Herwan, Selasa, (29/09/2020.

Guna memastikan netralitas ASN, dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Lebong akan melakukan deklarasi netralitas dengan mengirimkan perwakilan setiap OPD ataupun menandatangani pernyataan netralitas.

PjS Bupati Lebong ini juga menghimbau untuk tidak mencelah dan mempromosikan paslon tertentu, baik langsung maupun via media sosial. Pasalnya larangan tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pada kesempatan ini ia memastikan setiap ASN yang kedapatan melanggar netralitas akan disanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal tersebut berlaku juga untuk seluruh kepala serta perangkat desa. Sebab larangan tersebut secara detail sudah diatur dalam pasal 29 huruf g UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. (ADV)

Pos terkait