Salatiga di Canangkan Sebagai Kota Empat Pilar dan Kota Vanili Nusantara

  • Whatsapp
Dadung Hari Setyo

TERPERCAYANEWS.com – Berawal dari audiensi Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Badan Usaha Milik Masyarakat (PERBUMMA) Adat Nusantara yang dipimpin oleh Ketua Umumnya Dadung Hari Setyo,  dengan Ketua MPR RI Bambang Susetyo, dimana dalam pertemuan tersebut tercetus ide dan gagasan untuk mengembangkan kampung empat pilar.

Seiring dengan perjalanan waktu konsep kampung empat pilar tersebut berkembang dengan pengembangan kota empat pilar, dan kota salatiga sebagai pilihan utamanya. Dan akhirnya disepakati setelah dilakukan kajian dan analisis serta pertemuan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PERBUMMA Adat Nusantara Dadung Hari Setyo dengan Walikota Salatiga Yulianto.

Terkait dengan kegiatan pencanangan  Salatiga sebagai Kota Empat Pilar dan Kota Vanili Nusantara reporter kami dapat mewawancari Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PERBUMMA Adat Nusantara melali sambungan telepone, Dadung Hari Setyo yang biasa disapa Masda mengatakan, dengan pencangan ini yang dilaksanakan pada 31 Maret 2021 di rumah dinas Walikota Salatiga.

“Kami mengucapkan Alhamdulilah puji syukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa, karena atas kehendaknya acara dua pencangan ini dapat dilaksanakan dengan baik, dan kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Ketua MPR RI Bapak Bambang Susetyo, Meneteri Pertanian RI Bapak Syahrul Yasin Limpo serta Walikota Salatiga Bapak Yulianto, serta dukungan dari Gubenur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pronowo,” kata Masda, Rabu, 31 Maret 2021.

Terkait pencanangan Salatiga Sebagai Kota Empat Pilar dan Kota Vanili Nusantara sebenarkan kita dedikasikan kepada masyarakat kota salatiga pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Dan bukan semata-mata untuk kepentingan serimonial, “Kami yakin konsep kota empat pilar MPR RI dapat diimplementasikan di masyarakat kota salatiga, dan masyarakat Salatiga dapat mengembangkan dalam kehidupan sehari hari di masyarakat, dan menurut kami masyarakat kota salatiga lebih dapat menjadi contoh atau tauladan bagi masyarakat diluar salatiga dalam membangun ekosistem nilai empat pilar, baik nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, Bhineka  Tunggal Ika, Undang-Undang Dasar 1945 dan Negara Kesatian Republik Indonesia,” ungkapnya.

Dan kami yakin atas dicanangkannya Salatiga sebagai Kota Vanili Nusantara komitmen yang mempresentatasi arah pembangunan sebuah wilayah kota yang mengembangkan orientasi peningkatan kompetensi sumber daya manusia unggul di dalam pengembangan usaha pertanian vanili, yang dapat diharapkan mampu memberikan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan di masyarakat.

“Insya Allah setelah pencanangan saat ini, Salatiga akan dikenal dengan potensi vanilinya  oleh masyarakat umum baik didalam dan diluar negeri. Kami menyadari proses tahapan Salatiga pencanangan kota empat pilar dan kota vanili nusantara membutuhkan waktu yang panjang, walaupun ada beberapa kendala dan hambatan karena berbagai personal,” sambung Masda.

Khususnya Pademi Covid 19 dan kesibukan yang sangat padat Ketua MPR RI Bapak Bambang Susetyo dan Menteri Pertanian RI Bapak Syahrul Yasin Limpo dan Walikota Sakatiga Bapak Yulianto acara pencangan ini dapat terwujud. Berharap pasca pencangan ini segera ada langkah yang strategis dan sinergis. Kami dari PERBUMMA Adat Nusantara selalu siap betsinergi dan berkolaburasi disetiap aktifitas dan kegiatan serta perumusan implementasi pelaksaan progran lanjutan.

“Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya pencangan ini, semoga apa yang kita buat selalu bermanfaat bagi masyarakat kota salatiga dan masyarakat luas,” ungkap Masda. (embun)

Baca juga : https://terpercaya-news.com/10-kota-terintoleran-kota-salatiga-menjadi-pusat-perhatian-dunia-internasional/

Pos terkait