Samisake Harus Tetap Bergulir

  • Whatsapp

TERPERCAYANEWS – Sampai dipertengahan 2021, pandemi COVID-19 masih saja belum bisa teratasi. Angka kepositifan menunjukan bagaimana besar penularan terjadi dimasyarakat. Semua stakeholder harus terlibat menagani aspek kehatan pandemi terburuk sepanjang kita hidup ini.

Maka sudah kita ketahui bersama pula bahwa virus corona memberi dampak amat besar pada sektor ekonomi. Dan ini tentu harus ditangani dengan penuh perhatian.

Walikota Bengkulu yakni Helmi Hasan dalam hal ini tetap menginginkan roda ekonomi di Kota Bengkulu tetap berputar, seperti melalui program-program Pemerintah Kota Bengkulu yang sebelumnya sudah dijalankan yaitu program satu miliar satu kelurahan (Samisake) yang dipinjamkan kepada pelaku UMKM di Kota Bengkulu.

Program Samisake ini ditargetkan selama 7 tahun, dari estimasi waktu tersebut sudah saatnya pengembalian. Namun hal itu diperkirakan mengalami kesulitan akibat pandemi COVID-19 ini yang mengakibatkan perokonomian masyarakat menjadi terhambat walaupun sudah ada relaksasi pembayaran satu tahun. Namun ia meyakini persoalan tersebut pasti ada solusinya agar roda perekonomian tetap berputar dengan tidak menyikasa rakyat akibat dari berbagai kebijakan pemerintah.

“Para pelaku UMKM sudah banyak yang susah, jangankan mengembalikan makan aja susah. Maka dari itu kita terus mencarikan solusinya bagi yang tidak mampu bayar. Seperti yang dulu ada warga minjam untuk usaha mebel, tetapi dia tiba-tiba lumpuh dan masih ada tunggakannya. Oleh karena itu kita cari solusinya dengan menggunakan zakat saya untuk membayarkannya dan memberikan kursi roda,” kata dia saat mengunjungi Dinas Koperasi dan UMKM, Kamis, 22 Juli 2021.

Intinya dari semua itu jangan sampai rakyat tersakiti, karena mengingat gaji dari para pejabat itu dari uang rakyat. Maka program Samisake itu yang dipinjamkan adalah uang rakyat.

“Tetapi kita ingin masyarakat terus mendukung program pemerintah. Karena hal ini merupakan dana bergulir dan akan digulirkan makin banyak dan besar untuk rakyat, tetapi apabila ada yang nakal, dia bisa bayar tetapi tak mau membayar proses saja secara hukum,” ujarnya.

Pos terkait