Sebanyak 229 BPD Dari 44 Desa di Kabupaten Lebong Resmi Dilantik

  • Whatsapp

TERPERCAYANEWS.com – Pemilihan serentak anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Lebong yang diselengarakan oleh panitia pemilihan tingkat desa se-Kabupaten Lebong beberapa hari yang lalu sebanyak 229 BPD dari 44 Desa untuk masa bhakti 2021-2027 resmi dilantik oleh Bupati Lebong Kopli Ansori sekaligus pengambilan sumpah jabatan, Jumat, 30 April 2021.

BPD sejatinya merupakan lembaga yang melaksanakan fungsi perwakilan Pemerintahan Desa berdasarkan representasi wilayah dan ditetapkan secara demokratis, sekaligus lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa sebagai unsure penyelenggara.

Merujuk peraturan Menteri Nomor 110  Tahun 2016 tentang BPD dengan peran membahas dan menyepakati rancangan peraturan Desa bersama kepala Besa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa dan melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala Desa. BPD memiliki tugas penting yang dilindungi oleh undang-undang.

“Sehingga apa yang menjadi keinginan masyarakat dapat direalisasikan dalam bentuk program kerja desa,” ungkap Bupati dilokasi pelantikan di pendopo rumah dinas Bupati Kabupaten Lebong.

Menyikapi beberapa BPD yang belum dilakukan pelantikan seperti dari Desa Kota Agung dan Nangai Tayau Bupati Kopli Ansori mengatakan bahwa untuk BPD yang belum dilantik sebenarnya tidak ada permasalahan, hanya soal administrasinya saja yang belum ia terimah.

“Kalau saya lihat itu tidak ada polemik sih, cuma sekedar administrasinya saja belum masuk ke kita,” ujarnya.

Kedepan ia menunggu untuk diselesaikan administrasi tersebut, sehingga dapat dilakukan pelantikan. “Ya, kita masih menunggu administrasinya seperti apa, nanti baru kita proses pelantikan” sambungnya. (adv)

 

Pos terkait