Sekalipun Bangkrut, PT Tunas Mobilindo Perkasa Tetap Memenuhi Hak-Hak Karyawan

  • Whatsapp
Foto: Kepala Dinas Disnaker Kota Bengkulu Munarwan Syaiful saat wawancara di ruanganya

Terpercayanews.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bengkulu akan segera memangil pihak PT. Tunas Mobilindo Perkasa untuk dilakukan mediasi dengan para pekerja yang di PHK secara sepihak oleh pihak perusahaan.

Hal tersebut bentuk tindak lanjut dari pengaduan kuasa hukum 6 orang mantan karyawan PT. Tunas Mobilindo Perkasa atau Daihatsu melalui kuasa hukum Rendra minggu lalu diminta mendampingi pengaduan ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). Tindak lanjut dari pengaduan ini, bahwa Disnaker Kota Bengkulu sudah melayangkan surat pemanggilan kepada pihak perusahaan PT. Tunas Mobilindo Perkasa untuk dilakukan mediasi.

“nanti kita temukan dari pihak perusahaan dengan pekerja disini, tentu kalau kemaren baru pengaduan dari pekerja, seperti apa statusnya,” Ungkap Munarwan

Apabila pihak dari PT. Tunas Mobilindo Perkasa melakukan PHK atau kata lain dirumahkan kepada 6 karyawannya ini, maka mereka tetap digaji.

“kalau dirumahkan tetap digaji walaupun tidak full, tentu ada kesepakatan berapa persen yang akan dibayar, tetap akan ada kesepakatan, dan tidak bisa ditetapkan satu pihak kalau memang dirumahkan”, ungkap Munarwan (12/06/20)

Munawar menambahkan, sekalipun perusahaan bangkrut, pihak perusahaan tetap harus memenuhi hak-hak karyawan yang di PHK.

“Perusahaan bangkrut sekalipun untuk mem PHK harus memenuhi hak-hak karyawan,” tutup Munarwan

Untuk diketahui bahwa 6 karyawan PT. Tunas Mobilindo Perkasa ini dipecat pada bulan Mei lalu, namun belum jelas dalam pemecatan tersebut, apakah sebagai karyawan tetap atau sebagai karyawan kontrak? Dikarenakan salah satu dari 6 orang tersebut sudah berkerja selama 12 tahun dan ada 2 orang sudah bekerja selama 5 tahun. (Eef)

 

 

Pos terkait