Sofia Maju Cakades Air Kasai, Disambut Riang Masyarakat

  • Whatsapp

TERPERCAYANEWS. com – Tokoh masyarakat Air Kasai Syofia atau yang lebih dikenal masyarakat (Uda Syofian) menyatakan kesiapannya untuk membawa desanya semakin maju. Hal ini dibuktikan langsung dengan ia ikut serta terlibat dalam pemilihan Kepala Desa Air Kasai, Kecamatan Air Dikit, Kabupaten Mukomuko.

“Alhamdulillah hari ini kita dapat nomor urut 1, semoga ini menjadi sinyal yang baik bahwa dengan satu kesatuan, kita dapat membuat Desa Air Kasai ini semakin maju lagi,” ungkap Syofia, usai mendapatkan nomor urut 1 di Kantor Desa Air Kasai, Kecamatan Air Dikit, 29 Oktober 2021.

Menurutnya, alasan mengapa ia memutuskan untuk maju di pemilihan Kepala Desa Air Kasai tahun 2021. Semua ini tidak lepas dari adanya dorongan dari masyarakat itu sendiri yang menginginkannya sosok pemimpin yang mapan dan mengayomi masyarakat.

“Kita sudah bertemu dengan para sepuh desa, orangtua, tokoh agama, cendikiawan dan masyarakat Desa Air Kasai ini. Untuk meminta restu dan izin, agar apa yang menjadi keinginan bersama masyarakat dapat tercapai,” ujar Syofia.

Karena alasan inilah, putra kelahiran Balimbing 20 Juni 1973 ini ikut maju di Pemilihan Kepala Desa Air Kasai, yang serentak di selenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Mukomuko, meliputi 47 desa Se-kabupaten Mukomuko.

Salah seorang masyarakat desa Air Kasai , yang tidak mau di sebut namanya juga mengatakan sangat setuju kalau Sofya menjadi kepala desa karena berpengalaman sebagai Ketua BPD dua periode dan punya semangat untuk memajukan desa.

“Ya bagi kami orang desa yang tidak mengerti apa-apa, hanya mengharap yang terbaik dari semua yang terbaik dan berharap desa kami ini semakin maju,” terang salah seorang masyarakat.

Adapun Visi dan Misi Syofia tertuang dibawah ini :

VISI

Terbangunnya Tata Kelola Pemerintahan Desa yang Bersih, Jujur, Inovatif, Transparan dan Akuntabel Demi Terwujudnya Desa Air Kasai yang MANDIRI

MISI

Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) agar terwujudnya Desa Air Kasai Mandiri

Pertama : Pengadaan Kebun Milik Desa/Bersama melalui kerjasama dengan pihak ketiga

Kedua : Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas pengelolaan Desa Air Kasai melalui Program Desa Digital

Ketiga : Memfasilitasi dan Memberdayakan Pemuda/Karang Taruna dalam bidang olah raga, seni budaya dan kewirausahaan.

Keempat : Menciptakan lingkungan desa yang bersih, rapi, indah, aman dan nyaman melalui penyatuan keberagaman suku, agama dan ideologi yang ada di Desa Air Kasai, serta meningkatkan aktifitas dan infrastruktur di setiap rumah ibadah.

Kelima : Meningkatkan ekonomi kemasyarakatan melalui program Pemberdayaan Masyarakat dengan memanfaatkan potensi desa air kasai diantaranya :
• Mengembangkan usaha perdagangan
• Mengembangkan industri kreatif berbasis kerajinan tangan / UMKM sebagai produk unggulan desa
• Memberikan stimulus untuk meningkatkan produktivitas pertanian/peternakan warga (bantuan bibit tanaman produktif, bibit tanaman buah-buahan dan lain sebagainya)
• Mengadakan pelatihan ketrampilan yang diminati masyarakat terutama ibu-ibu PKK.
• Meningkatkan daya tarik penanaman modal / investor untuk mewujudkan tercapainya Desa Industri

Keenam : Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam pembangunan fisik atau non fisik di Desa Air Kasai dengan cara :
• Memanfaatkan forum musyawarah desa dalam setiap kegiatan desa
• Melibatkan masyarakat secara langsung dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan setiap kegiatan di desa.

Ketujuh : Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) melalui optimalisasi peran BUMDES.
• Meningkatkan kapasitas SDM pengurus melalui pelatihan-pelatihan, kursus dan studi banding
• Mengembangkan unit usaha BUMDES :
• Unit Jasa
• Unit Persewaan
• Unit Pertokoan / Grosir

Kedelapan : Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan Swasta dengan memperjuangkan hak-hak karyawan dalam mendapatkan kemasyarakataan Program Keluarga Harapan melalui musyawarah penentuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) secara periodik dan terbuka. (NV-Mukomuko)

Pos terkait