Tekan Angka Pengguna Narkoba di Seluma, BNNP Jalin Kordinasi dengan Pemkab Seluma

  • Whatsapp

TERPERCAYANEWS.com – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu, Kamis, 22 Agustus 2021 melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Seluma, guna melakukan pembahasan mengenai penekanan angka pemakaian Narkotika di wilayah Kabupaten Seluma.

Kepala Badan Narkortika Nasional (BNNP) Bengkulu Supratman mengatakan, Kabupaten Seluma termasuk daerah yang terkendali peredaran narkotika, meski demikian Pemerintah Kabupaten Seluma dan masyarakat tetap harus serius menangani pemberantasan peredaran Narkoba.

“Di Provinsi Bengkulu, Kabupaten Seluma termasuk daerah tekendali dari narkoba, akan tetapi Seluma berbatasan langsung dengan daerah yang rawan sehingga harus tetap kita waspadai.” katanya.

Sesuai dengan pemetaan BNNP, Provinsi Bengkulu menduduki urutan ke 21 dari 34 Provinsi diseluruh Indonesia untuk kasus penyalahgunaan narkotika. Sedangkan untuk Kabupaten Seluma, Kelurahan Pasar Tais, Kecamatan Seluma, Kabupaten Seluma, menjadi satu-satunya wilayah yang rawan narkotika dalam pemetaan.

Ia juga mengatakan, dalam isu strategis angka prevelensi di tahun 2019 mencapai 1,80%, atau 3,41 juta jiwa. Kedua peredaran narkotika sebagian besar dari luar negeri lebih dari 80% yang masuk dalam jalur laut/perairan. Ketiga keterbatasan ketersediaan layanan rehabilitasi baru mencapai 10,5% dari masyarakat yang membutuhkan, idealnya 18% – 20%.

Bupati Kabupaten Seluma, Erwin Octavian, SE mengatakan, kekawatiran mengenai kenakalan remaja yang ada di Kabupaten Seluma. Menurut Erwin, hal itu bisa menjadi pemicu awal mula nantinya penyalahgunaan narkotika.

“Kenakalan yang dilakukan oleh remaja di Kabupaten Seluma seperti penggunaan pil koplo, meminum obat batuk yang berlebihan, dan meminum minuman oplosan. Hal inilah yang dikhawatirkan akan menjadi pintu remaja seluma untuk menggunakan narkoba.” kata Erwin.

Mengenai itu, Bupati Erwin mendukung penuh atas keinginan BNNP dalam menekan angka penyalagunaan narkotika khususnya di wilayah Kabupaten Seluma, serta bersama Kepala BNNP Bengkulu meminta kepada Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) Seluma untuk bersama bersosialisasi dalam penanganan narkoba di Kabupaten Seluma.

Selain Bupati, Erwin kunjungan kerja BNNP hari ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati, Drs. Gustianto serta perwakilan dari Dinas Sosial Kabupaten Seluma, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Kesatuan Bangsa dan Politik(Kesbangpol), TNI/Polri, serta Kejaksaan Kabupaten Seluma. (RDP/Ril)

 

Pos terkait